makanan sehat ibu hamil

Para perempuan biasanya mengalami mual atau muntah selama kehamilan. Mual dan muntah disebut morning sickness yang bisa terjadi kapan saja sepanjang hari. Ibu mungkin akan mendapati bau masakan dan makanan panas yang membuat mereka mual.  Namun, ada pula yang hanya merasa tidak suka pada bau makanan yang sangat kuat. Ibu pun kadang-kadang mendapati makanan dingin yang tidak perlu dimasak lebih mudah disiapkan dan dimakan. Setiap ibu merasakan hal yang berbeda pada fase morning sickness ini. Ibu bisa memilih resep makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan agar mualnya tidak terlalu terasa.
Makan Sayur dan Buah Setiap Kali Makan dan Mengudap


Ibu hamil harus banyak makan sayur. (sumber: sehatplus.com)
Sayuran adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan keatas. Ibu ibu hamil 5 bulan keatas dianjurkan lebih banyak memakan sayuran. Sajikan hidangan dengan sayuran yang dikukus atau salad ukuran kecil ketimbang kentang goreng atau makanan lain yang tidak sehat. resep menu makanan sehat untuk ibu hamil muda mencakup variasi buah dan sayur, biji-bijian, makanan berprotein, dan produk susu, plus multivitamin prenatal setiap hari dan banyak air minum. Jaga agar gula yang ditambahkan dan lemak jenuh tetap minimun dalam menu makan sehat untuk ibu hamil. Gunakan porsi kecil atau tambahkan sedikit saja untuk membumbui makanan.
pola makan sehat untuk ibu hamil muda
Saat ibu hamil muda, asupan untuk tubuh terbagi menjadi dua, yaitu untuk sang ibu dan janin dalam kandungan. Dengan begitu, ibu perlu mempersiapkan resep menu makanan sehat untuk ibu hamil muda yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Makanan ini dalam ukuran yang kecil hanya lebih sering dimakan karena biasanya ibu jauh lebih cepat lapar.
Ibu bisa memilih menu makanan sehat ibu hamil muda yang tidak membuat ibu merasa mual, misalnya salad bit panggang, salad edamame, pisang, yoghurt, maupun sup buah.
Salad edamame, menu sehat untuk ibu hamil. (sumber: veganyumminess.com)
Selain itu, pilih cara memasak yang lebih sehat, misalnya memanggang atau membakar ayam ketimbang menggorengnya. Ibu juga harus menjaga kecukupan cairan tubuh selama kehamilan sangat penting. Nah, ibu bisa mencoba resep sup buah ini sebagai menu makan sehat untuk ibu hamil.
Resep Sup Buah Menu Makan Sehat untuk Ibu Hamil
resep menu makanan sehat untuk ibu hamil muda adalah membuat sup buah yang enak adalah menggunakan buah yang baru saja masak. Pilihlah di pasar yang setiap hari mengganti stok buah sehingga ibu mendapatkan buah segar.  Sup buah ini kaya akan vitamin A, vitamin B, dan potasium.
Sup buah khusus ibu hamil. (sumber: makananmu.com)

resep menu makanan sehat untuk ibu hamil muda untuk membuat Sup Buah:
  • ½ kg stroberi
  • 1 buah mangga
  • 1 pisang besar
  • ½ buah blewah
  • 1 cangkir sari jeruk
 Porsi:
sekitar 4 ¾ cangkir

Cara Membuat resep menu makanan sehat untuk ibu hamil muda:
  1. Cuci stroberi, buang tangkainya.
  2. Kupas mangga dan pisang, potong kecil-kecil.
  3. Kupas dan buang biji blewah, potong kecil-kecil.
  4. Masukkan semua buah yang sudah dipotong-potong dan sari jeruk ke blender atau food processor, haluskan buah.
  5. Dinginkan dan sajikan.

Sumber: Pola Makan Sehat Saat Hamil . W Allan Walker, M.D. dan Courtney Humphries. Penerbit BIP. Tahun 2012. Hlm. 230.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »