pantangan makanan bagi ibu hamil

Dalam kehamilah ada beberapa pantangan makanan dan minuman untuk ibu hamil trimester pertama. Contohnya yakni Pantangan makanan bagi ibu hamil. Beberapa makanan tertentu memiliki efek kurang baik terhadap kehamilan. Untuk itu, makanan pantangan ibu hamil trimester pertama perlu diperhatikan oleh para calon ibu dengan sebaik-baiknya agar bayi sehat dan cerdas.
Pada saat hamil, seorang ibu harus memperhatikan asupan makanannya. Makanan itu harus memenuhi kebutuhan ibu dan calon bayi. Namun, bagi ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan. Ada beberapa jenis makanan yang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Pantangan makanan bagi ibu bagi ibu hamil muda apa saja yang tidak baik untuk dikonsumsi?
1. Makanan Mentah atau Setengah Matang

Hindari makanan mentah dan setengah matang. (http://cegahpenuaandini.blogspot.co.id)

Bagi ibu hamil, hindari makanan mentah maupun setengah matang. Sebab, dikhawatirkan pada makanan mentah atau setengah matang terdapat bakteri dan virus yang dapat memengaruhi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang matang sempurna.
2. Kafein
Mengonsumsi makanan yang mengandung kafein akan membuat bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Meskipun ada jenis kopi yang tidak mengandung kafein, ada baiknya ibu hamil tidak mengsup kopi secara berlebihan.
3. Alkohol
Segala jenis alkohol bersifat racun bagi janin dalam kandungan. Selain itu, sudah jelas bahwa alkohol merupakan haram untuk dikonsumsi. Jadi lebih baik hindari mengonsumsi alkohol.
4. Daging Olahan
Berbagai jenis daging olahan. (http://intisari-online.com)
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi daging olahan berhubungan dengan risiko mati muda. Bagi masyarakat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daging olahan. Terlebih lagi bagi ibu yang sedang mengalami masa kehamilan. Untuk itu, hindari mengkonsumsi daging olahan. Daging segar tentunya lebih sehat dan bermanfaat.
5. Seafood
Aneka seafood mengandung omega 3 yang baik bagi bayi. Namun, seafood yang mengandung mercuri tinggi juga berbahaya bagi otak bayi. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih seafood. Tanyakan kepada penjualnya dari mana seafood itu berasal, apakah dari laut yang masih bagus kondisi perairannya atau tidak. Bisa juga pilih seafood yang berasal dari laut dalam.
6. Susu dan Keju yang Belum Dipasteurisasi
Susu yang belum melalui proses pasteurisasi sangat rentan terhadap bakteri. Sehingga dikhawatirkan susu dan keju itu mengandung bakteri yang bisa membahayakan janin. Oleh karena itu, ibu hamil konsumsilah susu dan keju yang sudah dipasteurisasi.

Nah, itu adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil muda dan pantangan makanan untuk ibu hamil tua. Pantangan makanan bagi ibu hamil disini dimaksudkan untuk menjaga ibu dan bayi agar bayi sehat dan cerdas selama dalam masa kehamilan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci buah dan sayuran yang hendak dikonsumsi. Sebab, siapa tahu ada bakteri atau virus jahat yang membahayakan ibu dan janin dalam kandungan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »