makanan yang bagus buat ibu hamil

Kehamilan merupakan anugrah yang dinanti-nantikan oleh sapasang suami istri. Ketika seorang wanita dinyatakan hamil, seluruh keluarga senangnya bukan main. Apa pun dilakuka demi pertumbuhan janin di dalam rahim. Termasuk tentunya memberikan asupan gizi yang baik untuk kesehatan ibu dan janinnya.
Namun, hamil bukan berarti harus makan sebanyak-banyaknya hingga Ummi mengalami kenaikan berat badan yang begitu signifikan, alias kegemukan. Menjadi gemuk bagi wanita hamil itu hal yang biasa. Tetapi, kalau terlalu gemuk tentunya akan mengganggu aktivitas si ibu hamil. Untuk itu perlunya dipilah makanan yang bagus buat ibu hamil. Lalu, apa saja makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil?
1. Sayuran Berwarna Hijau
Sayuran berwarna hijau seperti bayam kaya akan kandungan asam folat dan zat besi. Kedua zat tersebut membuat janin menjadi sehat dan cerdas. Sebab, asam folat bermanfaat untuk pembentukan otak janin.
2. Telur

Mengonsumsi telur membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. (id.wikipedia.org)

Telur merupakan makanan yang bagus buat ibu hamil. Telur kaya akan protein dan asam amino. Protein sangat diperlukan untuk pembentukan sel tubuh. Telur juga kaya akan kolin yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, seraya membantu mencegah cacat tabung saraf.
3. Kacang-kacangan
Kandungan serat dan protein dalam kacang-kacangan mencegah ibu hamil mengalami sembelit atau susah buang air besar. Susah buang air besar dapat menjadikan wasir pada ibu hamil.  Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi ibu hamil, yaitu kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, dan kacang pandang.
4. Buah dan Sayuran Berwarna-warni
Setiap kelompok warna sayuran mengandung vitamin dan mineral tertentu. Untuk itu, ibu hamil harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara bervariasi. Selain itu, buah-buahan dan sayur-sayuran mampu membantu mengatasi masalah konstipasi yang sering terjadi pada ibu hamil.
5. Daging tanpa Lemak

Daging merupakan asupan yang baik bagi ibu hamil. (http://ibu-hamil.id)

Daging merupakan makanan yang bagus untuk ibu hamil. Sebab, daging mengandung banyak protein. Disarankan ibu hamil mengonsumsi daging. Namun, pilihlah daging tanpa lemak supaya ibu hamil tidak terpengaruh dengan bahaya dari kandungan lemak yang ada pada daging.
6. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan makanan yang bagus buat ibu hamil. Ikan salmon mengandung omega 3 sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena akan membantu meningkatkan pertahanan antioksidan. Selain itu, omega 3 dalam ikan salmon dapat membantu mencegah kelahiran prematur.
7. Ubi Jalar
Ubi jalar kaya akan karotenoid, yaitu pigmen yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin C, zat besi, serat, vitamin B-6, dan kalium yang baik bagi ibu hamil.
8. Brokoli
Brokoli mengandung kalsium dan asam folat. Selain itu, brokoli juga kaya akan serat dan antioksidan yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Brokoli juga mengandung beta karoten yang memiliki khasiat sebagai sistem imun tubuh.
9. Pisang
Pisang kaya dengan kalium. Sehingga, pisang merupakan makanan yang bagus buat ibu hamil. Sebab, kalium bertindak sebagai penambah energi sehingga ibu hamil tidak mudah mengalami kelelahan.
10. Susu tanpa Lemak
Pada saat hamil, tubuh menyerap kalsium dua kali lebih banyak dari biasanya. Susu tanpa lemak merupakan pilihan yang tepat. Sebab, setiap gelas susu yang dikonsumsi oleh ibu hamil telah memasok 30 % dari angka kecukupan gizi harian
11. Keju Cheddar atau Mozzarella
Keju yang baik bagi ibu hamil adalah keju yang sudah dipasteurisasi. (tokopedia.com)

Konsumsi keju bagi ibu hamil sangat aman jika jenis keju yang dimakan sudah mengalami proses pasteurisasi terlebih dahulu. Keju yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil diantaranya adalah cheddar dan mozarella. Sama halnya dengan susu, keju mengandung banyak protein dan kalsium yang cukup tinggi sehingga merupakan makanan yang bagus buat ibu hamil.
12. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Minyak zaitun juga sangat membantu ibu hamil yang memiliki masalah konstipasi. Selain baik bagi kesehatan tubuh, minyak zaitun juga bisa menghilangkan selulit pada perut.

Demikianlah beberapa makanan yang bagus buat ibu hamil. Selain beberapa jenis makanan di atas, masih banyak lagi makanan yang lainnya. Sahabat Abi Ummi bisa memilihnya sesuai dengan selera. Namun, ingat memenuhi kebutuhan gizi untuk janin dalam kandungan itu lebih penting daripada sekadar untuk memenuhi selera makan bagi ibu hamil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »