Materi Kewirausahaan

Kewirausahaan
Materi Kewirausahaan

Bahan Kuliah (Materi Kewirausahaan)

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Terdapat beberapa keuntungan menjadi wirausahawan, diantaranya: Tidak terikat waktu, memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya, bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain, mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar, memiliki kesempatan menunjukan kemampuan dan potensi diri, memperoleh manfaat dan laba yang maksimal.
Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut tentang Keuntungan Menjadi Wirausaha, diantaranya:
1. Keuntungan Menjadi Wirausaha Tidak terikat waktu
Menjadi seorang wirausaha tidak akan pernah terikat waktu, apa yang akan kita lakukan dan kerjakan semua tergantung dari kita sendiri. Jadi seorang wirausaha harus pintar dan pandai dalam mengelola waktu yang digunakan dalam usahanya. Memaksimalkan waktu yang sedikit dan menjadikannya keuntungan-keuntungan yang luar biasa. Ingat walaupun tidak terikat waktu tapi harus tetap pandai mengelola waktu usaha.
2. Keuntungan Menjadi Wirausaha Memiliki kebebasan mencapai tujuan usahanya
Kebebasan adalah hal yang sangat bernilai bagi seseorang, di mana orang tersebut dapat melakukan apapun yang diinginkannya tanpa ada yang menghalangi. Dalam konteks keuntungan menjadi wirausaha, kebebasan adalah bagaimana mengelola waktu, sumber daya manusia, alat dan bahan serta tujuan yang ingin dicapai dalam usaha sesuka hatinya. Tapi dalam kebebasan tersebut tetap ada batasan-batasan yang masuk akal atau dapat dilogika. Yang tidak boleh dilupakan dalam kebebasan usaha adalah tidak sewenag-wenang mengatur karyawan.
3. Keuntungan Menjadi Wirausaha Bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain
Dengan mendirikan sebuah usaha ini berarti wirausahawan memberikan peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja pada usaha yang diciptakannya. Hal ini menjadi salah satu keuntungan dalam berwirausaha, selain berwirausaha yang tidak kalah penting adalah membantu orang lain untuk memperoleh kerja dan mengurangi pengangguran di kalangan masyarakat. Banyaknya pengangguran bisa jadi membuka peluang kejahatan, karena susahnya mendapatkan uang maka pengagguran yang frustasi menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Sisi positif bagi wirausahawan dalam konteks ini adalah membantu mengurangi tingkat kejahatan dan menjadi ladang beribadah.
4. Keuntungan Menjadi Wirausaha Mendapat pengakuan dari masyarakat sekitar.
Biasanya para pengusaha, walaupun masih kecil sekalipun sering kali mendapatkan peran yang sangat strategis di dalam kehidupan sosial masyarakat pada lingkungannya. Hal ini disebabkan banyak dari wirausahawan menjadi sukses karena usaha yang dilakukannya secara terus menerus sehingga bisa berhasil dengan memuaskan. Melalui proses-proses yang sangat sulit, rumit, dan panjang akan membentuk sebuah karakter dan dipandang baik oleh masyarakat sekitar.
5. Keuntungan Menjadi Wirausaha Memiliki kesempatan menunjukan kemampuan dan potensi diri.
Dengan memiliki sebuah usaha, wirausahawan dapat menyampaikan pikiran dan perilaku mereka sendiri. Hal ini berarti memberikan kekuasaan pada dirinya secara penuh. Seorang wirausahawan biasanya merupakan seorang yang sukses, membangun usaha dari awal sampai menjadi besar dan sukses. Proses berat yang dialami bisa ditunjukan kepada masyarakat, atau dengan kata lain memberikan contoh dan motivasi kepada masyarakat sekitar.
6. Keuntungan Menjadi Wirausaha Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal
Menjadi wirausahawan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan atas investasi dalam usahanya. Untung yang didapat seberapapun hasilnya bisa digunakan dan diambil sesuka hati tanpa harus membagi dengan orang lain. Inilah salah satu kelebuhan berwirausaha, bebas memperoleh dan menentukan laba. Tapi ada hal yang juga perlu diingat, jika ingin usaha maju maka harus bisa menyisihkan laba dan dijadikan sebagai tambahan modal supaya usaha bisa semakin berkembang.

Kelemahan menjadi wira usaha

Selain keuntungan menjadi wirausaha, terdapat pula kelemahan menjadi wirausaha yaitu :

1) Kelemahan menjadi wirausaha adalah memperoleh pendapatan yang tidak pasti dan memikul berbagai risiko yang dihadapi. Jika risiko ini telah diantisipasi secara baik, wirausaha itu akan mampu menggeser risiko tersebut.

2) Kelemahan menjadi wirausaha ialah harus bekerja keras dengan jam kerja yang mungkin lebih panjang.

3) Kelemahan menjadi wirausaha yaitu kualitas hidupnya mungkin masih rendah sampai usahanya berhasil. Pada tahap awal, wirausaha harus bersedia untuk berhemat.
4) Kelemahan menjadi wirausaha adalah memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Banyak keputusan yang harus dibuat, meskipun mungkin ia kurang menguasai permasalahan tersebut.

            Saat ini tuntunan untuk menjadi wirausaha sangatlah besar, jika hanya mengandalkan pekerjaan melalui perusahaan orang lain atau instansi pemerintah kemungkinan untuk memperoleh pekerjaan sangatlah tipis. Bahkan paradigma orangtua juga sudah mulai bergeser. Banyak di antara mereka yang tidak lagi berpandangan negatif bila memperoleh calon menantu pengusaha atau wiraswasta, mereka tidak merasa turun gengsi bila mendapatkannya. Sebaliknya, banyak anak muda yang baru lulus sekolah saat ini tidak malu berdagang atau berwiraswasta, bahkan para artis juga terjun ke dalam dunia bisnis.
Sekian kiranya materi mengenai keuntungan menjadi wirausaha dan kelemahan menjadi wirausaha, semoga materi mengenai keuntungan menjadi wirausaha dan kelemahan menjadi wirausaha dapat bermanfaat.

Kunci sukses membuka wirausaha

Berikut ini penulis mencoba menyebutkan dan menjelaskan kunci sukses membuka wira usaha.
1.      Pengetahuan khusus
Kunci sukses membuka wirausaha untuk poin pertama adalah anda harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan wirausaha yang akan jalankan. Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika pasar tertentu, Anda hanya akan menempatkan diri Anda pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat keputusan yang buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang mudah bagi seorang wirausaha (pengusaha). Ketika Anda men-seting wirausaha, hanya ada satu peluang yang sempit, satu atau paling banyak dua tahun – dimana Anda harus sukses sebelum Anda kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, Anda juga harus memahami dasar area dan perdagangan bisnis Anda dengan cepat, mulai dari akun dan administrasi sampai marketing dan produksi.
2.      Percaya diri
Kunci sukses membuka wirausaha baru adalah perjuangan dan tanpa kepercayaan diri dan kemampuan untuk melihat situasi, maka akan mudah hancur. Karyawan merefleksikan moral pengusaha dan jika mereka merasa Anda tidak jujur atau tidak aman, mereka akan menjadi gelisah dan tidak ada motivasi. Anda harus belajar menyimpan ketakutan dan kecemasan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal. Dihadapan publik, Anda harus menjadi figur yang tenang dan percaya diri.
3.      Keuletan
Kunci sukses membuka wirausaha memiliki kemampuan untuk melihat situasi adalah kualitas yang dimiliki pengusaha sukses. Orang yang demikian mampu bertahan dalam kondisi bisnis yang tidak menentu dengan keteguhan dan keuletan. Kemauan yang kuat lebih diperlukan di tahap awal usaha, bahkan ketika goncangan kecil terjadi dalam bisnis. Pengusaha harus belajar untuk bangkit dari kegagalan yang dihadapi.
4.      Motivasi yang tepat
Wirausaha yang memiliki motivasi lebih tinggi daripada nilai sekedar kaya cenderung membangun bisnis yang bisa bertahan lama. Mereka di dorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang berharga. Mereka memberikan benefit di lingkungannya dengan memberikan produk dan jasa yang unik atau melakukan sesuatu dengan cara yang lebih baik sehingga memberikan kesejahteraan bagi setiap orang. Tentu, mereka juga menjadi kaya secara signifikan, tapi ini yang jarang dijadikan motivasi utama.
5.      Kreatifitas dan inovasi
Kunci sukses membuka wirausaha adalah mengembangkan kreatifitas dan inovasi. Kreatifitas adalah merupakan kemampuan memberikan solusi unik dari permasalahan. Wirausaha sukses mengadopsi teknik pemecahan masalah yang kreatif untuk menghadapi tantangan. Pemikiran kreatif dan inovatif yang demikian diperlukan di semua zona usaha, dari mengisi kekosongan pasar, dan memvisualisasikan produk dengan sistem dan prosedur yang lebih efisien dan biaya yang efektif. Terkadang, hanya diperlukan satu ide bagus untuk mengubah keberuntungan bisnis dan mengeluarkan produk yang bagus.
6.      Pandangan Strategik
Tidak ada pengusaha yang sukses tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan banyak hal. Langkah apa yang harus diambil dimasa datang? produk baru apa yang diluncurkan ? haruskah operasional dikonsolidasikan atau ekspansi ? investasi uang atau membangun modal cadangan ? apa langkah kompetitor selanjutnya ? akankah terjadi penurunan ekonomis ? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tergantung pada pandangan stratejik pengusaha. Pengusaha yang sudah lama malang-melintang di dunia bisnis memiliki pengalaman tersebut atau hanya dengan mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi di arah angin.
7.      Kepemimpinan
Kunci sukses membuka wirausaha harus bisa menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah merupakan kualitas yang memberikan panduan dan inspirasi bagi mereka yang melihat ke arah Anda. Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas kepemimpinan. Bagi yang lain, merupakan keterampilan yang didapat dari kerja keras dan pengalaman. Bagaimanapun, tidak ada wirausaha berhasil tanpa kualitas kepemimpinan untuk memotivasi orang yang bekerja dengannya, dorong mereka untuk memberikan yang terbaik dan tentukan arah kemana mereka melangkah.
8.      Menghilangkan ego
Kunci sukses membuka wirausaha ialah menghilangkan ego, pelaku usaha dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai pandangan orang lain kecuali pandangannya sendiri. Mereka mudah tersinggung dan orang yang berbakat akan kesulitan bekerja dengannya. Ini bisa menjadi pangkal masalah. Karyawan dengan tingkat self-respect dan intelegensi akan meninggalkan organisasi atau berusaha low profile di tempat kerja. Mereka yang ambisius akan mengatakan pada bos apa yang hanya ingin dia dengar. Wirausaha yang egois tidak bisa menilai karyawan berdasarakan kontribusinya pada perusahaan. Mereka akan menilainya dari sudut pandang suka dan tidak suka. Pengusaha yang demikian akan menjadi santapan kompetitor.
9.      Kemampuan untuk berbelok
Kunci sukses membuka wirausaha memiliki kemampuan Fleksibilitas dalam berpikir adalah merupakan kualitas kunci bagi wirausaha. Mereka harus bisa merubah pandangan dan strategi berdasarkan situasi yang terjadi. Untuk melakukannya, ego perlu dihilangkan. Jika Anda memiliki sifat yang demikian, Anda tidak akan mengakui kesalahan yang sudah Anda buat dan menolak untuk mempertanggungjawabkan keputusan Anda. Pengusaha yang egois terus menggelontorkan uang untuk proyek yang tidak memiliki harapan memberikan keuntungan. Salah satu contoh yang paling dikenal – yang masih diajarkan di sekolah bisnis – yang memiliki kemampuan untuk berbelok adalah Microsoft. Perusahaan ini tidak menghiraukan fenomena Internet saat mulai populer dipenjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang posisinya dan “membelokkan perusahaan dalam sekejap.” Dalam melakukan perubahan, perusahaan berhadapan dengan teknologi baru, melakukan akuisisi, mengeluarkan produk baru, dan kini berada di garis depan revolusi Internet. Semua ini tidak akan pernah terjadi jika manajer puncak tidak fleksibel dalam melakukan pendekatan dan cukup rendah hati untuk mengatakan “Kami telah melakukan kesalahan dalam hal ini .”
10. Etika
Kunci sukses membuka wirausaha ialah harus beretika, etika adalah merpakan faktor terbesar yang didengar prospek terhadap perusahaan untuk jangka panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan, bankir, pemegang saham – tidak suka berhubungan dengan pengusaha yang tidak jujur. Mereka akan sulit menghilangkan sakit hatinya dan harus selalu waspada. Kejujuran dan etika adalah benih kepercayaan dan ketika orang lain mulai mempercayai Anda, banyak pintu yang akan terbuka.

Penjelasan mengapa penjual gagal dalam menjual barang – barang dan jasa

Penjual penjual gagal dalam menjual barang – barang dan jasa pada umumnya disebabkan oleh faktor belum terbentuknya konsep yang matang dalam menjual, berikut ini beberapa penjelasan mengapa penjual gagal dalam menjual barang – barang dan jasa, diantaranya:

1. Penjual tidak membuat rencana penjualan

Mengapa penjual gagal dalam menjual barang – barang dan jasa, karena ia tidak membuat rencana penjualan dengan baik. Rencana penjualan sangat baik dibuat untuk menentukan arah dalam proses menjual, membuat target penjualan, serta mengontrol penjualan kalau ada kesalahan dalam penjualan dapat dievaluasi untuk dibenahi seperlunya.

2. Penjual tidak mengetahui pasar dengan baik

Mengapa penjual gagal dalam menjual barang – barang dan jasa, Penjual adakalanya tidak mengetahui pasar untuk produk tertentu, ia tidak melakukan segmentasi pasar dan penentuan wilayah pasar sebelum memulai penjualan. Ia langsung menjual ke sembarang orang yang ia temui akhirnya peluang pembeli yang benar-benar membutuhkan produk yang ia jual sangat kecil yang ia temui sehingga ia merasa sudah puluhan orang yang ia temui tapi penjualannya belum berhasil.

3. Penjual kurang menguasai product konowledge

Mengapa penjual gagal dalam menjual barang – barang dan jasa, dikarenakan penjual belum berhasil melakukan penjualan kadang-kadang disebabkan ia belum menguasai pengetahuan produk dengan detil luar dalam, ia belum mengetahui kelebihan atau keunggulan produk yang memiliki daya beda dengan produk saingan. Ketika ia ditanya tentang nilai tambah produk ia hanya menjawab sama saja dengan produk lain hanya beda merk. Hal seperti ini tidak menarik bagi konsumen terutama konsumen yang memiliki gengsi yang tinggi dalam membeli produk berkualitas atau high-end.

4. Penjual terlalu berorientasi pada penjualan tidak berorientasi pada customer relationship

Mengapa penjual gagal dalam menjual barang – barang dan jasa, karena penjual tidak berhasil menjual bisa jadi ia terlelu fokus pada penjualan sehingga seakan-akan ia memberikan janji yang kosong seperti: “Kalau bapak membeli produk saya, bapak akan mendapat keuntungan yang besar”, tanpa ia jelaskan apa manfaat produk tersebut dan solusi apa yang ditawarkan untuk membantu mengatasi masalah konsumen, ia ingin produknya cepat laku dan cepat bertransaksi tanpa memperhatikan sisi relasi dengan konsumen.

Macam – macam profil wirausaha

A. Women Entrepreneur

Banyak wanita yang terjun kedalam bidang bisnis. Alasan mereka menekuni bidang bisnis ini di dorong oleh factor factor antara lain ingin memeperlihatkan kemampuan prestasinya, membantu ekonomi rumah tangga khususnya.

B. Minority Entrepreneur

Kaum minoritas terutama di Negara kita Indonesia kurang memiliki kesempatan kerja di lapangan pemerintahan sebagaimana layaknya warga Negara pada umum nya. oleh sebab itu, mereka berusaha menekuni kegiatan bisnis dalam kegiatan sehari hari. para perantau dari daerah tertentu yang menjadi kelompok minoritas pada suatu daerah, mereka juga bergiat mengembangkan bisnis.

C. Immigrant Entrepreneur

Kaum pendatang yang memasuki suatu daerah biasanya sulit untuk memperoleh pekerjaan formal.mereka lebih leluasa terjun dalam pekerjaan yang bersifat non-formal yang di mulai dari berdagang kecil kecilan sampai berkembang menjadi perdagangan tingkat menengah.

D. Part-time Entrepreneur

Memulai bisnis dalam mengisi waktu lowong atau part-time merupakn pintu gerbang untuk berkembang menjadi usaha besar. Bekerja part time tidak mengorbankan pekerjaan di bidang lain.

E. Family - owned Business

Yaitu usaha yang dilakukan oleh dua orang wirausaha yang bekerja sama sebagai pemilik dan menjalankan usahanya bersama-sama. contoh : CV. Commanditaire (partner pasif) dan complementer (partner aktif).

F. Home-Based Entrepreneur

ibu-ibu rumah tangga yang memulai kegiatan bisnisnya dari rumah tangga, misalnya ibu-ibu yang pandai membuat kue dan aneka masakan, mengirim kue kue tersebut ke took-toko  eceran di sekitar tempatnya. Akhirnya usaha makin lama makin maju.

Manfaat – manfaat Wirausaha

Wirausaha memiliki beberapa manfaat. Berikut manfaat wirausaha secara luas antaralain sebagai berikut:

1.      Menambah lapangan kerja

Fungsi utama wirausaha adalah menambah lapangan kerja. Dengan berwirausaha artinya selain kita membuka lapangan kerja bagi diri sendiri, juga tidak menutup kemungkinan jika usaha telah meluas bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Dengan kata lain kita mengurangi jumlah pengangguran dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan negara.

2.      Mempunyai peluang untuk mengoptimalkan diri,

Berwirausaha juga melatih mental dan memacu potensi diri kita. Dengan berwirausaha, kita akan terpacu agar hari ini menjadi lebih baik dari yang kemarin, dan esok lebih baik dari hari ini. Begitu pula ketika kita merencanakan peningkatan profit atau pengembangan usaha maka kita mau tidak mau akan berusaha untuk terus menjadi lebih baik

3.      Adanya peluang untuk mencapai keuntungan dengan maksimal yang semuanya di dapat dari hasil kerja keras kita.

Dengan berwirausaha, minimal kita bisa menjadi bos bagi diri kita sendiri. Mendapatkan hasil kerja dengan jerih payah hasil keringat sendiri tentunya memberikan kebahagiaan yang terkadang sulit untuk dijelaskan. Terlebih jika kita memperoleh keuntungan sesuai dengan yang kita targetkan, atau bahkan lebih.

4.      Menunjukan bahwa diri kita mampu menjadi pemimpin, yang dapat memanage semua aspek-aspek perusahaan

Berani berwirausaha sama artinya berani menghadapi tantangan luas. Jika diumpamakan sama seperti keberanian pelaut mengarungi lautan berbadai, ataupun keberanian seorang prajurit terjun kemedan perang. Tentunya selain dibutuhkan keberanian, kemampuan untuk mempimpin juga sangat dibutuhkan terutama ketika kita mempekerjakan orang lain. Dengan berwirausaha kita belajar dan mengaplikasiakn kemampian manajemen dan kemampuan kepemimpinan kita.

5.      Mempunyai peluang untuk dapat membantu masyarakat dengan usaha yang konkret atau jelas kegiatan usahanya.


Dengan berwirausaha, kita bisa membantu masyarakat disekitar kita untuk memenuhi kebutuhannya yang sulit terpenuhi. misanylnya membuka usaha warung sembako di daerah yang akses tarhadap kebutuhannya cukup sulit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »