Fase-fase Perkembangan dan Tugas Perkembangan II

FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN MANUSIA

BAB I 
PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang 
     Perkembangan anak penting dijadikan perhatian khusus bagi orangtua. Sebab, proses tumbuh kembang anak akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa mendatang. Jika perkembangan anak luput dari perhatian orangtua (tanpa arahan dan pendampingan orangtua), maka anak akan tumbuh seadanya sesuai dengan yang hadir dan menghampiri mereka. Dan kelak, orangtua juga yang akan mengalami penyesalan yang mendalam. 
PERKEMBANGAN MANUSIA
FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN MANUSIA
     Dampak negatif dari perkembangan anak yang kurang perhatian dari orang tuanya adalah anak menjadi nakal dan susah diatur. Dan dampak lain yang ditimbulkan adalah perusakan moral yang dialami anak yang kemungkinan diakibatkan dari salah bergaul dan berteman. Dan akhirnya, anak-anak inilah yang membawa dampak buruk bagi teman-temannya. Salah satu perusakan atau penurunan moral yang dialami anak-anak pada saat ini adalah dengan melihat video yang seharusnya belum pantas ditonton pada usianya. 
1.2 Rumusan Masalah 
  1. Sebut dan jelaskan fase-fase perkembangan? 
  2. Bagaimanakah tugas dari fase-fase perkembangan tersebut? 
BAB II 
PEMBAHASAN 

2.1 Fase-fase Perkembangan 

Berikut fase perkembangan manusia menurut Robert Hafigurst (1972) : 
1. Fase perkembangan bayi dan kanak-kanak 
     Secara kronologis (menurut urutan waktu), masa bayi (infancy atau babyhood) berlangsung sejak seorang individu manusia dilahirkan dari rahim ibunya sampai berusia sekitar setahun. Sedangkan masa kanak- kanak yaitu ketika usia kira-kira mulai 2 tahun sampai dengan 5 tahun atau sering disebut masa balita (bawah lima tahun) 
2. Fase perkembangan anak-anak (late childhood) berlangsung pada usia 6 sampai 12 tahun. 
Dengan ciri-ciri utama sebagai berikut: 
  1. Memiliki dorongan untuk keluar dari rumah dan memasuki kelompok Sebaya. 
  2. Keadaan fisik yang memungkinkan yang mendorong anak untuk memasuki dunia permainan dan pekerjaan yang membutuhkan; ketrampilan jasmani. 
  3. Memiliki dorongan mental untuk memasuki dunia konsep, logika, symbol, dan, komunikasi yang luas. 
3. Fase perkembangan Remaja. 
     Masa remaja (adolescence) adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa, yaitu mulai usia 11 tahun atau 12 tahun. Biasanya wanita lebih cepat memasuki masa remaja dibandingkan dengan laki-laki. Menurut sebagian ahli psikologi masa remaja terdiri atas sub-sub masa perkembangan sebagai berikut: 
  1. Subperkembangan prepuber selama kurang lebih dua tahun sebelum masa puber. 
  2. Subperkembangan puber selama dua setengah sampai tigasetengah tahun. 
  3. Subperkembangan post-puber, yakni saat perkembangan biologis sudah lambat tapi masih berlangsung pada bagian organ tertentu. Saat ini merupakan akhir masa puber yang mulai menampakkan tanda-tanda kedewasaan. 
Seseorang yang telah memasuki masa puber ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut : 
Ciri masa puber 
CIRI PUBER ANAK PEREMPUAN
CIRI MASA PUBER
  • Ciri primer adalah ciri yang pasti dialami oleh seseorang yang memasuki masa remaja 
  • Ciri skunder adalah ciri yang dapat terjadi atau mungkin tidak terjadi pada seseorang yang masuk masa pubertas 
  • Seorang perempuan yang sudah tidak lagi mengalami menstruasi karena usia sudah tua disebut monopouse 
4. Fase Perkembangan Dewasa 
     Masa dewasa awal (early adhulthood) ialah fase perkembangan saat seorang remaja mulai memasuki usia dewasa, yakni usia 21-40 tahun 
5. Fase perkembangan setengah baya 
     Masa setengah baya (middle age) adalah masa yang berlangsung antara usia 40 sampai 60 tahun. Di saat usia 40 tahun seseorang mengalami pubertas kedua karena mereka senang lagi bersolek, suka bersikap dan berbuat emosional/mudah marah dan bahkan jatuh cinta lagi. 
6. Fase perkembangan usia tua 
     Masa tua (old age) adalah fase terakhir kehidupan manusia. Usia ini berlangsung antara usia 60 tahun sampai berhembusnya nafas terkhir (akhir hayat). Mereka yang menginjak usia 60 tahun keatas yang dalam istilah psikologi disebut “senescence” (masa tua) biasanya ditandai dengan perubahan-perubahan kemampuan motorik yang semakin merosot. 

2.2 Tugas-tugas Perkembangan 

     Menurut Havighurst, tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu, dan apabila berhasil mencapainya mereka akan berbahagia, tetapi sebaliknya apabila mereka gagal akan kecewa dan dicela orang tua atau masyarakat dan perkembangan selanjutnya juga akan mengalami kesulitan. 
Adapun yang menjadi sumber dari pada tugas-tugas perkembangan tersebut sebagai berikut: 
1. Anak-anak 
a. Pengertian. 
     Merupakan masa dimana pertumbuhan fisiknya lebih dominan dibanding dengan perkembangan mentalnya. Oleh karena itu pada masa anak-anak biasanya apabila kebutuhan seperti makanan, mainan, dan bermainnya terpenuhi maka dia akan merasa puas dan bahagia. Masa anak-anak ini biasanya terjadi pada usia < 12 tahun yaitu pada masa TK dan SD. 
b. Tugas perkembangan 
     Pada masa ini seharusnya seorang anak sudah mulai belajar membaca dan menulis, mengenal dasar-dasar agamanya, mulai mengenal lingkungannya dan berkomunikasi. Apabila tugas-tugas perkembangan diatas tidak terjadi pada seorang anak maka anak tersebut akan mengalami keterlambatan perkembangan dan akan mempengaruhi mentalnya. 
2. Masa Remaja 
a. Pengertian 
     Suatu usia dimana individu menjadi terintegrasi ke dalam masyarakat dewasa, suatu usia dimana anak tidak merasa bahwa dirinya di bawah tingkat orang yang lebih tua, melainkan merasa sama atau sejajar. Masa remaja ini biasanya terjadi pada saat seseorang menginjak bangku SMP dan SMA yaitu usianya sekitar 13-21 tahun. 
b. Tugas-tugas perkembangan 
     Tugas perkembangan masa remaja difokuskan pada upaya meninggalkan sikap dan prilaku kekanak-kanakan serta berusaha untuk mencapai kemampuan bersikap dan berprilaku secara dewasa. Menurut Hurlock tugas-tugas perkembangan adalah : 
  1. Mampu menerima keadaan fisiknya 
  2. Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewasa. 
  3. Mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis 
  4. Mencapai kemandirian emosional dan ekonomi 
  5. Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan. 
3. Masa Dewasa awal. 
a. Pengertian 
     Merupakan proses peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa dalam proses pembentukan jati diri seseorang serta mulai menunjukkan pemikiran, sikap, perilaku yang semakin dewasa sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat. Masa ini biasanya berkisar antara usia 18 – 22 tahun berarti terjadi pada saat seseorang menginjak bangku kuliah. 
b. Tugas Perkembangan 
     Adapun tugas-tugas perkembangan yang harus dilakukan pada masa dewasa awal ini adalah : 
  1. Belajar berkomunikasi yang lebih baik 
  2. Menata cita-cita yang lebih jelas dan sfesifik 
  3. Terjun dalam organisasi masyarakat 
  4. Berperan aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat 
4. Dewasa Akhir 
a. Pengertian 
     Menurut Hurlock dewasa akhir merupakan suatu periode dimana seseorang telah beranjak jauh dari periode dahulu yang lebih menyenangkan. Orang yang dikatakan telah masuk pada masa dewasa akhir adalah mereka yang berusia 22-50 tahun. Pada masa ini seseorang bisa dikatakan telah mampu memenuhi kebutuhan ekonominya sendiri. 
b. Tugas Perkembangan 
     Pada masa dewasa akhir ini seseorang memiliki tugas perkembangan tertentu yang harus dicapai. Adapun tugas-tugas perkembangan yang harus dicapai pada masa dewasa akhir ini adalah : 
  1. Meniti karir 
  2. Mulai membangun rumah tangga untuk melanjutkan keturunan 
  3. Mulai memikirkan investasi untuk hari tua 
  4. Mulai meninggalkan kebiasaan masa remajanya seperti (nongkrong, jalan-jalan dll) 
     Apabila tugas-tugas perkembangan seperti disebutkan di atas telah tercapai maka seseorang dapat dikatakan sebagai seorang manusia yang normal. Karena apabila dia belum mencapai hal-hal tersebut pada masa dewasa akhirnya maka dia bisa dikatakan mengalami kelainan/keterbelakangan. 
5. Orang Tua 
a. Pengertian 
     Ada beberapa pendapat mengenai pengertian dari orang tua itu sendiri. Menurut Bernice Neugarten (1968) James C. Chalhoun (1995) masa tua adalah suatu masa dimana orang dapat merasa puas dengan keberhasilannya, atau dapat kita artikan bahwa masa orang tua adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang. 
b. Tugas-tugas 
     Pada masa tua seseorang telah mengalami banyak sekali penurunan fisik yang signifikan bahkan ada bagian-bagian tubuh yang tidak bisa bekerja. Oleh karena itu seseorang yang telah masuk usia tua haruslah melakukan tugas-tugas sebagai berikut: 
  1. Mengurangi kegiatan yang membutuhkan tenaga yang lebih. 
  2. Meningkatkan amal ibadah 
  3. Memperhatikan pola makan dan kesehatan 
BAB III 
PENUTUP 
3.1 Kesimpulan 
     Perkembangan anak penting dijadikan perhatian khusus bagi orangtua. Sebab, proses tumbuh kembang anak akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa mendatang. 
Ancaman internet terutama situs-situs pornografi terhadap anak yang demikian besar bila tidak dicermati akan dapat merusak moral anak Indonesia. Mungkin akan banyak anak Indonesia akan terbius oleh pesona pornografi sehingga perkembangan mental dan moralnya akan pasti mengganggu kualitas hidup dan prestasinya. Bila ini terjadi efek domino dan mata rantai yang diakibatkan oleh paparan pornografi terhadap anak akan menimbulkan persoalan bangsa yang lebih besar lagi. 
3.2 Saran 
     Perkembangan anak memerlukan banyak perhatian dari orang tua, untuk itu orang tua perlu memberikan arahan dan mendampingi anaknya pada setiap masa perkembangannya. Tetapi sikap perhatian yang berlebihan dari orang tua juga tidak baik karena anak juga akan melakukan perlawanan sebagai bentuk protes. Dan apabila anak sudah melakukan protes maka anak tersebut akan sulit untuk diatur. 
DAFTAR PUSTAKA
Yusuf , Syamsu L.N. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.
F.J Monks dkk. 1996. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hurlock B. Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pramata
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bnadung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Santrok John . 2011. Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika
Lusi Nuryanti. 2008. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »