Pendidikan Sebagai Suatu Ilmu

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan yang sekaligus membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Hewan juga belajar tetapi lebih ditentukan oleh instingnya. Sedangkan manusia, hidup menggunakan akal pikiran yang dimilikinya dalam setiap berprilaku. Pada hakikatnya pendidikan adalah suatu usaha manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, yang didapat dari lembaga formal maupun non formal.
Pada dasarnya hakikat pendidikan sangatlah luas. Hakikat pendidikan bukanlah hanya sekedar pengertian serta definisi pendidikan semata. Didalam hakekat pendidikan banyak hal menarik untuk dipelajari contohnya saja seperti objek ilmu pendidikan dan macam-macam ilmu pendidikan. Hal-hal menarik inilah yang mendorong kami untuk mempelajari lebih dalam mengenai hakikat pendidikan diluar dari tugas yang telah ditentukan.
1.2 Rumusan Masalah

1. Bagaimana konsepsi pendidikan ?

2. Apa yang dimaksud dengan pendidikan ?

3. Bagaimana sifat-sifat ilmu pendidikan ?

4. Bagaimana pendidikan dijadikan sebagai suatu sistem ?

5. Apa unsur-unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan ?

1.3 Tujuan

1. Menjelaskan konsepsi pendidikan.

2. Menjelaskan definisi pendidikan.

3. Menerangkan sifat-sifat ilmu pendidikan.

4. Menjelaskan pendidikan sebagai suatu sistem.

5. Memberi pengetahuan mengenai unsur-unsur dan faktor yang mempengaruhi pendidikan.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Konsepsi Pendidikan
1.      Konsep Dasar Pendidikan
Beberapa aspek yang berhubungan dengan usaha pendidikan, yaitu bimbingan sebagai suatu proses, orang dewasa sebagai pendidik, anak sebagai manusia yang belum dewasa, dan yang terakhir adalah tujuan pendidikan. Ada beberapa konsepsi dasar tentang pendidikan yang akan dilaksanakan, yaitu :
1)      Bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup (lon life education). Dalam hal ini berarti bahwa usaha pendidikan sudah dimulai sejak manusia itu lahir sampai ia tutup usia, ssepanjang ia mampu untuk menerima pengaruh dan dapat mengembangkan dirinya. Suatu konsekuensi konsep pendidikan sepanjang hayat ialah bahwa pendidikan tidak identik dengan sekolah. Pendidikan berlangsung dalm lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
2)      Bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Pemerintah tidak boleh memonopoli segalanya melainkan bersama keluarga dan masyarakat berusaha agar pendidikan mencapai tujuan yang telah ditentukan.
3)      Bagi manusia, pendidikan merupakan suatu keharusan karena dengan pendidikan manusia akan memiliki kemampuan dan kepribadian yang berkembang. Handerson mengemukakan bahwa pendidikan merupakan suatu haal yang tak dapat dielakkan oleh manusia, suatu perbuatan yang tak boelh tidak terjadi, karena pendidikan membimbing generasi muda untuk mencapai suatu generasi yang lebih baik.
2. Pendidikan Hanya Berlaku Bagi Manusia
Dalam arti luas, pendidikan berisi tiga pengertian, yaitu pendidikan, pengajaran dan pelatihan. Istilah mendidik menurut Darji Darmodiharjo, menunjukkan usaha pengembangan budi pekerti, semangat, kecintaan rasa kesusilaan, ketakwaan, dll. Istilah mengajar menurut Sikun Pribadi berarti mmebri pelajaran tentang berbagai ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan kemampuan intelektualnya. Sedangkan Istilah melatih, merupakan suatu usaha memberi sejumlah keterampialn tertentu, yang dilakukan secara berulang-ulang, sehingga akan terjadi suatu pembiasaan bertindak. Dalam penjelasan tersebut, pendidikan menyangkut seluruh aspek kepribadian manusia.
Hewan tidak dapat dididik dan tidak memungkinkan untuk dididik, sehingga tidak mungkin dilibatkan dalam proses pendidikan. Hanya manusia yang dapat dididik dan mungkin menerima pendidikan karena manusia memang dilengkapi akal budi. Pendidikan pada hakikatnya akan berusaha mengubah perilaku, tetapi perilaku man yang dapat dijangkau pendidikan, karena hewan pun adalah makhluk berperilaku.
3. Konsep Mendidik, Mengajar dan Belajar
Terdapat perbedaan mendasar antara mendidik dan mengajar, beberapa orang mungkin terjebak antara definisi mendidik dengan mengajar. Padahal, terdapat perbedaan yang mendasar antara keduanya. Mengajar merupakan kegiatan teknis keseharian seorang guru. Semua persiapan guru untuk mengajar bersifat teknis. Hasilnya juga dapat diukur dengan instrumen perubahan perilaku yang bersifat verbalistis. Tidak seluruh pendidikan adalah pembelajaran, sebaliknya tidak semua pembelajaran adalah pendidikan. Perbedaan antara mendidik dan mengajar sangat tipis, secara sederhana dapat dikatakan mengajar yang baik adalah mendidik.
4. Manusia Perlu Dididik (Memperoleh Pendidikan)
Pada hakekatnya manusia itu adalah animal educable (binatang yang dapat dididik), animal educandum (binatang yang harus dididik) dan homo educandus( makhluk yang dapat mendidik) . Dari hakekat ini jelas bahwa pendidikan itu merupakan keharusan mutlak bagi manusia. Oleh karena itu mengapa manusia perlu dididik maka dapat ditinjau dari berbagai aspek.
Ada beberapa asumsi yang memungkinkan manusia perlu mendapat pendidikan :
1.      Manusia dilahirkan dalam keadaan tidak berdaya. Begitu lahir ke dunia, manusia perlu mendapat bantuan orang lain agar dapat melangsungkan kehidupannya.
2.      Manusia lahir tidak langsung dewasa. Untuk sampai ke tingkat dewasa yang menjadi tujuan pendidikan dalam arti khusus memerlukan waktu relatif lama.
3.      Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial. Ia tidak akan menjadi manusia seandainya tidak hidup bersama manusia lain.
4.      Manusia pada hakikatnya dapat dididik dan dapat mendidik dirinya sendiri secar terus menerus sepanjang hayat.
5. Pendidikan sebagai Suatu Proses Transformasi Nilai
Nilai-nilai yang akan ditransformasikan mencakup nilai-nilai religi, nilai kebudayaan, nilai pengetahuan dan teknologi serta nilai keterampilan. Nilai-nilai yang akan ditransformasikan tersebut dalam rangka mempertahankan, mengembangkan, bahkan kalau perlu mengubah kebudayaan yang kurang baik di masyarakat.
6. Tujuan Pendidikan
Kegiatan pendidikan ditujukan untuk membentuk manusia Indonesia yang memiliki kepribadian yang lebih baik yaitu manusia Indonesia yang sikap dan perilakunya dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dijiwai oleh nilai-nilai pancasila.
7. Pendidikan Sepanjang Hayat
Life long education cenderung melihat pendidikan sebagai kegiatan kehidupan dalam masyarakat untuk mencapai perwujudan manusia secara penuh yang berjalan terus-menerus seolah-olah tidak ada batasannya sampai meninggal. Ini berarti bahwa pendidikan itu tidak hanya penting bagi anak-anak (yang biasa dianggap belum siap kehidupan sosialnya dan melakukan peranan masyarakat dewasa), tetapi juga penting untuk orang dewasa maupun orangtua dalam rangka pencapaian perkemmbangan manusia yang penuh. Bahwa manusia adalah makhluk yang tumbuh dan berkembang. Ia ingin mencapai suatu kehidupan yang optimal. Selama manusia barusaha untuk meningkatkan kehidupannya, baik dalam meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, kepribadian, maupun keterampilannya, secara sadar atau tidak sadar, maka selama itulah pendidikan masih berjalan terus. “Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim dan muslimat. Tuntutlah ilmu sejak buaian sampai lubang kubur. Tiada amalan umat yang lebih utama daripada belajar”.

2.2 Pengertian Pendidikan
Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan. Dengan demikian, bagaimanapun sederhananya peradaban suatu masyarakat, didalamnya terjadi atau berlangsung suatu proses pendidikan. Karena itulah sering dinyatakan pendidikan telah ada sepanjang peradaban umat manusia. Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha manusia melestarikan hidupnya.
Sekedar memperjelas pengertiannya, berikut ini kita kutipbeberapa definisi :
1. Menurut Carter Education berarti :
  • Proses perkembangan pribadi
  • Proses sosial
  • Profesional cources
  • Seni untuk membuat dan memahami ilmu pengetahuan yang tersusun yang diwarisi/dikembangkan masa lampau oleh tiap generasi bangsa.
2. Menurut buku “HigherEducation for American Democracy”
          Education is an institution of civilized society, but thepurposes of education are not the same in all societies. An educational system finds its the guiding principles and ultimate goals in the aims and philosophy of the social order in wich it functions (11 : 5). Pendidikan ialah satu lembaga dalam tiap-tiap masyarakat yang beradab, tetapi tujuan pendidikan tidaklah sama dalam setiap masyarakat. Sistem pendidikan suatu masyarakat (bangsa) dan tujuan-tujuan pendidikannya didasarkan atas prinsip-prinsip (nilai-nilai), cita-cita dan filsafat yang berlaku dalam suatu masyarakat (bangsa).
Dari uraian di atas dapat kita kemukakan kesimpulan sebagai berikut :
  • Pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya, yaitu rokhani (pikir, karsa, rasa, cipta, dan budinurani) dan jasmani (pancaindra serta ketrampilan-ketrampilan).
  • Pendidikan berarti juga lembaga yang bertanggung jawab menetapkan cita-cita (tujuan) pendidikan, isi, sistem dan organisasi pendidikan. Lembaga-lembaga ini meliputi : keluarga, sekolah dan masyarakat (negara).
  • Pendidikan merupakan pula hasil atau prestasi yang dicapai oleh perkembangan manusia dan usaha lembaga-lembaga tersebut dalam mencapai tujuannya. Pendidikan dalam arti ini merupakan tingkat kemajuan masyarakat dan kebudayaan sebagai satu kesatuan.
2.3 Sifat Pendidikan Sebagai Suatu Ilmu
Ilmu ialah pengetahuan yang telah diuji kebenarannya dan membahas tentang hal-hal yang dapat diamati (observabel). Pada dasarnya, semua ilmu dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
a.       Ilmu Murni : Ilmu yang membahas/mendalami ilmu itu sendiri. Dalam pendidikan ilmu murni akan tampak dari adanya usaha membahas teori – teori pendidikan secara dalam (sampai tingkat elementer-atomistik)
b.      Ilmu Terapan : Ialah usaha-usaha menerapkan dalam kegiatan proses kehidupan (sebagai alat yang memudahkan kehidupan). Dalam kegiatan proses pendidikan menggunakan bantuan teori dan pendidikan dalam mengatasi masalah – masalah anak didik tidak terkecuali pendidikan memerlukan ilmu murni lain seperti : psokologi, matematika, biologi, untuk proses pendidikan. Jadi dapat dikatakan bahwa ilmu pendidikan tidak dapat berdiri sendiri.
Sifat-Sifat Pendidikan sebagai Suatu Ilmu
§  Normatif, memiliki ciri – ciri dasar/aturan yang mendukung aturan – aturan dasar yang sudah baku. Contoh : melestarikan budaya bangsa melalui pembinaan budaya – budaya daerah yang bersifat positif.
§  Deskriptif : menggambarkan seluruh peristiwa belajar dengan tepat/tidak dimanipulasi dari mulai siapa siswa, apa yang telah diajarkan sampai nilai yang diberikan harus betul – betul menggambarkan perolehan hasil belajar anak.
§  Teoritis, mengkaji bidang keilmuannya secara luas (profesional) sampai hal – hal yang sekecil – kecilnya (atomistik).
§  Praktis/terapan, teori – teori yang dikaji digunakan untuk melancarkan proses pendidikan.

2.4 Pendidikan Sebagai Suatu Sistem
Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Suatu usaha pendidikan menyangkut tiga unsur pokok yaitu unsur input, unsur proses usaha itu sendiri, dan output.Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan (1979) menjelaskan bahwa pendidikan merupakan suatu sistem yang mempunyai  unsur-unsur tujuan sasaran pendidikan, peserta didik, pengelola pendidikan, struktur atau jenjang, kurikulum dan fasilitas. Setiap sistem pendidikan ini saling mempengaruhi.
            Pada umumnya, system dibedakan menjadi dua macam, yaitu sistem terbuka ( system berhubungan dengan lingkunganya, komponen dibiarkan berhubunagn dengan komponen luar) dan sistem tertutup (semua komponen terisolasi dai pengaruh luar). Proses pendidikan berlangsung jika komponen dalam system bergerak dan saling terkait. Selain itu, hubungannya harus bersifat fungsional dan merupakan satu kesatuan dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, setiap komponen yang terdapat di daam sistem pendidikan seluruhnya harus dapat berfungsi sesuai porsinya.

2.5 Unsur-Unsur dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendidikan
1. Peserta Didik
Pandangan terhadap peserta didik kini telah mengalami banyak perubahan. Artinya peserta didik tidak lagi dianggap sebagai sosok yang pasif menerima informasi yang datang dari pendidik belaka. Era global secara sadar atau tidak telah mempengaruhi peserta didik yang senantiasa mendapat masukan dari berbagai pihak. Persamaan usia dan tingkat kelas peserta didik belum tentu menyamakan pengetahuan mereka. Perbedaan ini terjadi karena adanya konteks lingkungan yang berbeda. Perbedaan konteks belajar mempengaruhi perkembangan individual peserta didik. 
2. Pendidik
Pendidik pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pendidik menurut kodrat (pendidik kodrati) yang dalam hal ini adalah orang tua dan pendidik menurut jabatan (pendidik profesi) yaitu guru. Hubungan edukatif antara orang tua dengan anaknya mengandung dua unsure, yaitu unsure kasih sayang pendidik terhadap anaknya dan unsure jesadaran tanggung jawab dari pendidik untuk menuntun perkembangan anak. Guru sebagai pendidik menurut jabatan menerima tanggung jawab mendidik dari tiga pihak, yaitu oranng tua, masyarakat, dan Negara. Seorang pendidik harus mengenal alat pendidikan yang normatif yang dibedakan menjadi dua, yaitu alat pendidikan preventif ( bersifat mencegah ) dan alat pendidikan represif/kuratif/korektif/(perbaikan). 
3. Tujuan
Menurut Langeveld dalam bukunya Beknopte Theoretische Paedagogik dibedakan adanya berbagai macam tujuan pendidikan, sebagai berikut :
a) Tujuan Umum / universal / tujuan lengkap / tujuan akhir / sempurna
Menjadi tujuan orang tua / pendidik, berakar dari tujuan hidup, berhubungan dengan pandangan tentang hakikat manusia.
b) Tujuan tidak sempurna, menyangkut segi-segi tertentu

c) Tujuan sementara

d) Tujauan Perantara/intermediair
Tujuan ini ditentukan dalam rangka mencapai tujuan sementara/
e) Tujuan Insidental
Merupakan peristiwa-peristiwa yang terlepas saat demi saat dalam proses menuju tujuan umum.
f) Tujuan Khusus

4. Isi Pendidikan
Yaitu segala sesuatu yang oleh pendidik langsung diberikan kepada peserta didik dan diharapkan dapat dikuasai dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Maka ada syarat pemilihan materi pelajaran, diantaranya:

a) Materi harus sesusai tujuan pendidikan

b) Materi sesuai dengan peserta didik.

5. Metode
Peristiwa pendidikan ditandai adanya interaksi edukatif. Agar interaksi yang terjadi dapat berlangsng secara edukatif, efisien, dan efektif dalam mencapai tujuan, maka diperlukan metode tepat. Metode pada dasarnya berfungsi sebagai alat mencapai tujuan. Sebagai tolak ukur baik tidaknya metode diperlukan kriterium.
6. Lingkungan
 Seperti yang sudah dijelaskan dalam unsur peserta didik di atas, bahwa peserta didik yang relatif memiliki usia dan tingkat kelas sama bisa memiliki tingkat pengetahuan berbeda. Perbedaan ini terjadi karena adanya konteks lingkungan yang berbeda, yaitu :
·         Lingkungan pendidikan tempat belajar peserta didik bersifat aksidental (kebetulan) dan insidental (kadang-kadang), sehingga menyebabkan peserta didik tidak terprogram dalam belajarnya
·         Lingkungan pendidikan tempat belajar peserta didik terprogram secara intensional, sengaja atau dikehendaki, sehingga peserta didik lebih siap dalam belajar
·         Lingkungan pendidikan tempat belajar peserta didik terprogram sesuai dengan yang telah ditetapkan
·         Lingkungan pendidikan tempat pelajar peserta didik sangat optimal dan ideal, sehingga peserta didik dapat melakukan cara-cara belajar sebagaimana yang diharapkan. Konteks belajar seperti ini menyebabkan peserta didik mampu berkembang secara kreatif dan optimal.




BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Pada hakikatnya, pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Antara praktik dan teori pendidikan dalam pelaksanaannya perlu kesinambungan, teori pendidikan dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan praktik pendidikan itu. Dalam konsep pendidikan terdiri dari orang dewasa sebagai pendidik, orang yang belum dewasa sebagai objek yang dididik, bimbingan sebagai proses, serta kedewasaan sebagai tujuan pendidikan.
3.2 Saran
Pendidikan hanya dikenakan kepada manusia dan akan terisi berlangsung sepanjang hayat. Dalam mencapai tujaun pendidikan itu sendiri, pendidikan berkedudukan sebagai proses pengembangan kepribadian sebagai transformasi niali-nilai. Pendidikan bersifat dinamis menuju arah yang positif bersama unsure-unsurnya dan dipengaruhi factor-faktor tertentu.


DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Munib dkk. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang. Pengantar Dasar – Dasar Pendidikan. Surabaya: Usana Offset.


 Meila, Sri Martini. 2011. Penagntar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »