Tanda Awal Kehamilan - Gejala Umum Wanita Hamil Muda

Kehamilan merupakan suatu proses alami bagi wanita karena dalam rahimnya tumbuh embrio yang kelak akan menjadi calon bayi. Pada wanita yang tengah mengalami kehamilan, Tanda-Tanda Hamil Pertama itu sudah bisa dilihat mulai dari awal kehamilan. Hal itu karena selama masa kehamilan, tubuh calon ibu akan mengalami perubahan. Lalu, bagaimana tanda-tanda awal kehamilan yang biasa terjadi? Yuk, kita simak uraian berikut ini!
tanda tanda kehamilan minggu pertama setelah berhubungan tentu saja memiliki tanda-tanda awal kehamilan atau ciri fisik tertentu yang biasa terjadi. Lalu, apa saja ciri-cirinya? Mari kita simak!

Tanda Awal Kehamilan - Gejala Umum Wanita Hamil Muda

tanda hamil 1 bulan pertama akan memiliki perubahan bentuk tubuh. (Sumber: wdy.h-cdn.co)

1. Perubahan Bentuk Tubuh
tanda tanda wanita hamil untuk pertama kali akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang signifikan, seperti adanya kenaikan berat badan, perut yang membesar, bokong yang melebar. Payudara dan lengan yang mengalami pembengkakan. Sehingga tak ayal wanita yang sebelumnya langsing bisa menjadi gemuk lantaran kehamilan yang sedang dijalaninya. Perubahan bentuk tubh terjadi karena tubuh harus mempersiapkan diri dengan adanya janin yang dikandung. Payudara membengkak karena tengah mempersiapkan ASI untuk sang calon bayi. Bokong melebar karena mempersiapkan diri untuk kelahiran sang bayi. Tubuh yang menjadi gendut karena adanya adanya calon bayi dalam perut.
2. Mual dan muntah (Morning sickness)
Mual dan muntah tanda tanda pertama hamil muda. Itu merupakan ciri-ciri fisik orang hamil yang bisa dilihat juga. Wanita hamil sering mengalami mual dan muntah karena adanya perubahan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut adalah HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Selain dalam darah, peningkatan hormon ini juga terjadi dalam saluran air kencing. Peningkatan hormon ini mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Namun rasa ini akan menghilang ketika kehamilan memasuki trimester kedua. Mual dan muntah pada wanita hamil memang biasa. Namun jika itu terjadi secara berlebihan sampai-sampai kita tidak bisa mengasup makanan tertentu karena selalu muntah, ada baiknya kita perlu memeriksakan diri ke dokter. Supaya calon buah hati kita tidak kekurangan nutrisi untuk pertumbuhannya di dalam rahim.
3. Rasa lelah dan mengantuk yang berlebihan
Pada wanita hamil muda sering kali terlihat mengantuk dan mudah lelah. Ini disebabkan adanya perubahan hormonal. Juga akibat dari kinerja beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, dan par-paru semakin bertambah. Kerja organ-organ vital ini tidak hanya mencukupi untuk kebutuhan ibu saja melainkan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Tak ayal lagi kalau wanita hamil sering mengalami rasa lelah dan terkadang terlihat mengantuk.
4. Sering meludah
Sering meludah merupakan tanda kehamilan trimester pertama sehat yang bisa kita lihat. tanda ibu hamil trimester pertama ini terjadi karena pengaruh hormon estrogen. Dan biasanya terjadi pada kehamilan di trimester pertama. Gejala sering meludah ini akan menghilang sering dengan bertambahnya usia kandungan.
5. Sering kencing/buang air kecil
Keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering terjadi pada awal kehamilan minggu pertama dan kedua. Hal ini disebabkan karena janin yang sedang tumbuh dalam rahim menekan kandung kencing. Sehingga kandung kencing menjadi lebih cepat penuh dengan urine. Peningkatan buang air kecil ini akan semakin parah seiring dengan meningkatnya usia kehamilan. Namun demikian sahabat Abi Ummi tak perlu menahan atau pun membatasinya.
Demikian tanda-tanda awal kehamilan yang bisa dilihat atau diamati. Masih banyak lagi ciri-ciri wanita hamil yang lainnya. Dan ciri-ciri fisik orang hamil itu bersifat pribadi. Dalam artian tidak semua wanita mengalami ciri-ciri fisik yang sama dalam menjalani proses kehamilan. Tugas kita untuk menjaga kehamilan itu dengan sebaik-baiknya. Karena itu merupakan salah satu wujud dari rasa syukur kita terhadap karunia dari Allah SWT. Selamat menjalankan kahamilan yang sehat dan menyenangkan.

sumber:Tanda Awal Kehamilan - Gejala Umum Wanita Hamil Muda

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »