Ciri dan Tanda-Tanda Hamil Pertama

Ciri dan Tanda-Tanda Hamil Pertama

Ciri dan Tanda-Tanda Hamil Pertama
Ciri dan Tanda-Tanda Hamil Pertama
tanda-tanda hamil pertama pada seorang wanita sudah bisa dilihat. Terutama dari perubahan bentuk pada tubuh wanita yang sedang hamil. Sebab, kehamilan adalah suatu periode di mana dalam rahim seorang wanita sedang tumbuh embrio yang kelak akan menjadi seorang bayi.
Bagi pasangan yang baru menikah, saat-saat itu merupakan momen yang sangat membahagiakan. Tentu saja sahabat Abi Ummi yang berbahagia ingin mengetahui tanda-tanda hamil pertama kali, bukan? Lalu seperti apa sih tanda-tanda hamil pertama itu? Mari kita simak bersama ya sahabat Abi Ummi.
Berikut ini merupakan Ciri dan Tanda-Tanda Hamil Pertama
1. Payudara Terasa Bengkak
Tanda-tanda hamil pertama yang bisa dirasakan oleh para wanita adalah payudara terasa bengkak dan juga tegang. Selain itu, akan disertai pula dengan rasa nyeri pada payudara. Hal ini karena payudara tengah mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Selain payudara yang terasa bengkak, daerah aerola juga warnanya menjadi lebih gelap.
2. Terlambat Haid
Merupakan tanda-tanda hamil pertama yang paling jelas. Namun, tidak setiap keterlambatan haid berarti terjadinya kehamilan. Bisa juga karena sebab lain seperti stres atau adanya suatu penyakit.
3. Perubahan Bentuk Tubuh
Tanda-tanda hamil pertama lainnya adalah terjadinya perubahan bentuk tubuh. Perubahan itu tidak hanya pada daerah perut yang kian membesar. Namun, juga terjadi perubahan pada daerah bokong, lengan, dan juga paha.
4. Mual (Morning Sickness)
Mual merupakan tanda-tanda hamil pertama yang umum terjadi pada para wanita. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Selain mual, beberapa wanita mengalami over sensitif terhadap bau-bau tertentu.
5. Perubahan Mood
Kerap kali seorang wanita yang tengah hamil mengalami perubahan mood. Istri yang biasanya sangat sabar tiba-tiba menjadi gampang marah. Hal ini wajar dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Mood berubah karena terjadi perubahan hormon secara drastis pada dri wanita hamil. Jadi, para Abi musti maklum ya.
6. Sering Buang Air Kecil dan Konstipasi
Pada saat hamil, di dalam rahim janin tumbuh semakin membesar. Hal ini bisa menekan kandung kemih. Hal ini membuat kendung kemih jadi lebih cepat terisi urine  sehingga itu menjadikan selalu ingin buang air kecil.
7. Sensitif pada Bau
Sensitif pada Bau
Saat hamil, wanita menjadi sensitif terhadap bau-bau tertentu. (http://meetdoctor.com)
Pada wanita hamil tiba-tiba merasa sensistif pada bau-bau tertentu. Terkadang juga membuat mual dan ingin muntah.
8. Gangguan Pusing pada Wanita Hamil karena Faktor Fisik
Beban kehamilan membuat tubuh menjadi mudah lelah. Adanya peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga menimbulkan rasa pusing. Terlebih bagi para wanita yang memiliki tekanan darah rendah.
9. Sering Meludah
Akibat pengaruh perubahan hormon estrogen menyebabkan wanita hamil sering meludah. Kondisi ini normal dialami pada kehamilan trimester pertama.
10. Mudah Lelah
Di awal kehamilan, wanita akan merasa mudah lelah. Hal ini karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya janin yang sedang berkembang dalam tubuhnya.
11. Sembelit
Tanda-tanda hamil pertama yang lainnya, yaitu terjadinya sembelit. Hal ini akibat dari meningkatnya kadar hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim juga berdamapk pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.
12. Sakit Punggung
Gangguan sakit punggung akan menetap sampai saatnya melahirkan. Hal ini sering terjadi meski sebelumnya sahabat Abi Ummi tidak pernah mempunyai keluhan sakit punggung.
13. Munculnya Bercak Darah atau Flek
Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang. Biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan seringkali di artikan sebagai menstruasi. Padahal, saat itu sebenarnya tengah hamil.
14. Terjadinya Kram Perut
Munculnya bercak darah sering kali diikuti dengan adanya kram perut. Kram perut ini akan terus terjadi sampai letak uretus berada di tengah dan disangga oleh panggul.
15. Ngidam atau Menolak Makanan Tertentu

Pada wanita hamil, tiba-tiba menginginkan makanan tertentu. Padahal, bisa jadi makanan itu sebelumnya sangat dibenci. Atau bisa pula membenci makanan yang semula sangat digandrunginya. Peristiwa ini disebut pula dengan ngidam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »