Tips Wanita Hamil yang Wajib Diketahui

Tips Wanita Hamil yang Wajib Diketahui


Tips Wanita Hamil yang Wajib Diketahui
Penting bagi ibu hamil menjaga kehamilannya (http://blog.mariobadescu.com)
Wanita hamil, terlebih usia kandungan yang masih muda merupakan saat-saat yang rawan. Kalau tidak hati-hati bisa mengakibatkan keguguran. Di bawah ini ada beberapa tips wanita hamil yang perlu untuk diketahui. Mari simak bersama-sama.
1. Batasi Aktivitas
Selama hamil, terutama hamil muda batasilah aktivitas. Jangan sampai melakukan aktivitas yang berat. Sebab, saat hamil wanita sering mengalami kelelahan.
2. Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil. Sebab, wanita hamil mudah merasa lelah. Sehingga diperlukan istirahat yang cukup.
3. Tidak Mengonsumsi Obat-obatan
Wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat-obatan. Butuh resep khusus dari dokter terkait dengan obat-obatan ini. Karena salah dalam mengkonsumsi obat-obatan bisa membahayakan janin dalam kandungan.
4. Tidak Merokok, Minum Minuman Beralkohol, serta Berkafein
Merokok, minum minuman beralkohol, dan hal-hal lain yang mengandung kafein akan membahayakan janin. Akan ada kemungkinan calon bayi akan lahir cacat.
5. Makan dan Minum dalam Jumlah Sedikit tetapi Sering
Jika selama hamil kita mengalami morning sickness yang hebat, makan dan minumlah dalam jumlah sedikit tetapi sering. Hal ini untuk menghindarkan diri dari rasa mual. Makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein tinggi seperti roti akan membantu mengatasi rasa mual. Demikian juga dengan konsumsi buah-buahan segar. Pagi hari saat bangun tidur jangan terburu-buru bangun, tetapi duduklah dulu dengan posisi santai. Baru kemudian berdiri secara perlahan. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak, pedas dan berminyak karena itu akan memburuk rasa mual kita. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yan gcukup. Sehingga kita terhindar dari dehidrasi akibat muntah.
6. Menjaga Asupan Gizi dan Nutrisi yang Baik Bagi Tubuh dan Calon Bayi
Wanita hamil seringkali mengalami mual dan muntah. Terkadang hal itu memengaruhi nafsu makan ibu hamil. Namun demikian, ibu hamil harus tetap mengonsumsi asupan gizi yang cukup, supaya calon bayi dan ibunya bisa tumbuh dengan sehat. Kekurangan zat besi akan berakibat fatal bagi kesehatan janin, seperti terjadi abortus dan lahir prematur.
7. Menjaga Mood atau Emosi
Pada saat hamil sering terjadi mood berubah dengan cepat. Wanita hamil menjadi mudah marah. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Meski demikian, ibu hamil tidak boleh terbawa emosi karena akan memengaruhi janin dalam kandungan. Selalu mendekatkan diri pada Allah akan sangat membantu mengontrol emosi yang turun naik.
8. Hubungan Suami Istri
Pada saat hamil, hubungan suami istri perlu dilakukan dengan hati-hati. Terlebih pada trimester pertama. Hindari gaya berhubungan yang ekstrim karena akan memicu keguguran. Namun, demikian kita tetap boleh kok bercinta dengan suami kendati tengah hamil.
9. Lakukan Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Jika sahabat Abi Ummi mengalami kehamilan dengan resiko tinggi, perlu kiranya untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan. Kehamilan berisiko tinggi itu bila usia kurang dari 20 tahun dan lebih dari 35 tahun pada kehamilan yang pertama, tinggi bada kurang dari 145 cm, memiliki berat badan berlebih atau kurang, telah memiliki anak lebih dari empat, jarak kehamilan yang satu dengan yang lain kurang dari dua tahun, terdapat proses persalinan yang kurang baik seperti pernah mengalami keguguran, lahir premature, mengalami pre-eklamsi atau eklamsi, menderita anemia, hipertensi, diabates, pendarahan berlebih pada saat kehamilan, muncul bengkak pada tungkai selama kehamilan, mengalami rasa pusing yang hebat, bentuk panggul yang tidak normal, dan terdapat kelainan pada janin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »