Makanan Untuk Ibu Menyusui

Makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas merupakan salah satu asupan makanan bagi ibu hami dan menyusui terbaik yang dapat ibu lakukan untuk diri sendiri dan bayinya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat.
Mungkin Ibu ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, namun setelah melahirkan Ibu justru perlu makanan untuk ibu menyusui agar memulihkan diri. Teratur mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan energi untuk ibu menyusui dapat memberikan stamina yang ibu dan bayi butuhkan.
Sebagai ibu menyusui, penting untuk mengetahui bahwa kualitas ASI ibu melahirkan tetap hampir sama tidak peduli apa yang ibu makan. Karena jika ibu menyusui tidak memperoleh nutrisi makanan yang dibutuhkan, maka tubuh ibu akan mengambil nutrisi tersebut dari “simpanan” didalam tubuh. Jadi untuk kesehatan ibu menyusui, pastikan ibu menyusui mendapatkan makanan untuk ibu menyusui yang dibutuhkan oleh bayi dengan mengkonsumsi makanan bergizi.
Berikut ini merupakan 12 (dua belas) makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas yang wajib dikonsumsi antaralain:
Ikan salmon
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Ikan Salmon merupakan salah satu dari 12 makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas. Tidak ada satupun jenis makanan yang ada dengan kategori sesempurna Ikan Salmon. Meski demikian, ikan salmon paling mendekati sempurna. Salah satu makanan untuk ibu menyusui yaitu ikan salmon, seperti ikan berlemak sejenisnya, syarat ikan yang dikonsumsi mengandung jenis lemak DHA. DHA mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang perkembangan sistem saraf bayi. ASI mengandung DHA, tetapi tingkat nutrisi penting ASI lebih tinggi dalam ASI wanita yang mendapatkan DHA tambahan dari makanan yang dikonsumsi selama mereka menyusui.
DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu mood Ibu, sehingga mengurangi resiko terkena baby blues.
Produk susu rendah lemak
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Yoghurt, susu, maupun keju, yang manapun ibu sukai tidak masalah, produk susu adalah bagian penting dari makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu merupakan salah satu sumber kalsium merupakan makanan untuk ibu menyusui terbaik yang sangat dibutuhkan. Jika ibu menyusui, mengkonsumsi susu yang sarat dengan kalsium untuk membantu tulang bayi berkembang, sehingga sangat dianjurkan bagi ibu untuk makan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Ibu sendiri. Salah satu cara untuk melakukannya adalah untuk menyertakan serendahnya tiga cangkir susu setiap hari sebagai bagian dari menu makanan bagi ibu.
Daging sapi tanpa lemak
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Bila Ibu sedang mencari makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas, carilah makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak. Kekurangan zat besi dapat menguras tingkat energi Ibu, sehingga sulit bagi Ibu untuk bersaing dengan tuntutan bayi yang baru lahir.
Juga, ketika Ibu menyusui, Ibu perlu makan protein tambahan dan vitamin B-12. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk keduanya.
Kacang-kacangan
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Kacang-kacangan termasuk juga dari makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat, terutama untuk vegetarian. Bukan saja mereka kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, dengan harga yang tidak menguras kantong
Bluberi
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui harus mendapatkan dua atau lebih porsi buah atau jus setiap hari. Bluberi, kaya akan antioksidan, adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu Ibu memenuhi kebutuhan Ibu. Bluberi kaya akan vitamin dan mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menjaga tingkat energi Ibu. Bluberi merupakan alternatif terbaik makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas.
Beras coklat atau beras merah
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Pikirkan baik-baik jika Ibu ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, resikonya Ibu pasti akan mengurangi asupan karbohidrat makanan untuk ibu menyusui. Tapi kehilangan berat badan terlalu cepat menyebabkan Ibu menghasilkan lebih minim ASI dan membuat Ibu merasa lesu. Makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas Makanlah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat / beras merah serta roti gandum untuk menjaga tingkat energi Ibu.
Jeruk
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Jeruk mudah ditemukan dimana-mana serta kaya akan gizi, jeruk merupakan makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas yang tidak kalah pentingnya, karena ibu menyusui sangat membutuhkan vitamin C yang berdosis tinggi, bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan kebutuhan ibu hamil. Jika ibu tidak ada waktu untuk untuk mengupas jeruk? Ibu dapat membuat jus jeruk yang dapat memberikan manfaat yang sama. Beberapa jus jeruk yang dijual di supermarket sekarang bahkan telah diperkaya dengan kalsium, sehingga Ibu dapat memperoleh manfaat gIbu.
Telur
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D – nutrisi penting untuk menjaga tulang Ibu kuat dan membantu tulang bayi Ibu tumbuh. Selain itu telur adalah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan protein harian Ibu. Siapkan telur dadar untuk sarapan dengan roti gandum, atau tambahkan telur rebus pada soto Ibu saat makan siang.
Roti gandum
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Asam folat makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas. Selain itu, asam folat juga penting bagi bayi. Pastikan dalam ASI Ibu mengandung cukup asam folat. Salah satu sumber terbaik dari asam folat adalah roti gandum, yang juga dapat menyumbangkan kebutuhan serat dan zat besi Ibu.
Sayuran berwarna hijau
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Banyak manfaat sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Mereka sangat kaya dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori. Sayuran termasuk ke dalam kategori makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas.
Sereal / bubur gandum
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Asupan makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas, dalam hal iini sarapan sehat dengan sereal gandum mampu membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang bergadang menjaga bayi. Tambahkan susu rendah lemak dan buah-buahan ke dalam sereal Ibu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Ibu.
Air
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Dehidrasi menurunkan tingkat energi seseorang secara drastic. Untuk menjaga tingkat energi Ibu dan produksi ASI, pastikan Ibu tetap terhidrasi dengan baik. Variasikan pilihan Ibu dalam memenuhi kebutuhan cairan dengan minum jus dan susu, tapi hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Bila terpaksa, minum maksimum 2-3 cangkir saja. Kafein akan memasuki ASI Ibu dan bayi Ibu akan menjadi sulit tidur.
(dari berbagai sumber)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »