GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG OBSTIPASI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG OBSTIPASI PADA

BAYI USIA 0-6 BULAN DI KEMUKIMAN TONGPEUDENG

KECAMATAN TITEUE KABUPATEN PIDIE


obstipasi pada bayi usia 0-6 bulan ini obstipasi pada bayi usia 0-6 bulan kelahiran obstipasi pada bayi usia 0-6 bulan lahir obstipasi pada bayi usia 0-6 bulan normal

ABSTRAK


Orang tua tidak jarang membawa anaknya ke Dokter dengan keluhan Buang Air Besar yang terlalu sering atau tidak buang air besar dalam beberapa hari, yang ternyata pada pemeriksaan selanjutnya terbukti tidak ada kelainan. Dalam kaitan inilah diketahui rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Obstipasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan di Kemukiman Tongpuedeng Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie.
Tujuan umum : Untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Obstipasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan di Kemukiman Tongpuedeng Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie. Tujuan khusus 1) Untuk mengetahui gambaran pengetahuan Ibu Tentang Obstipasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan ditinjau dari persepsi.2) Untuk mengetahui gambaran pengetahuan Ibu Tentang Obstipasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan ditinjau dari pendidikan.3) Untuk mengetahui gambaran pengetahuan Ibu Tentang Obstipasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan ditinjau dari pengalaman.4) Untuk mengetahui gambarn pengetahuan Ibu Tentang Obstipasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan ditinjau dari sumber informasi.
Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengambilan menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 49 orang. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli sampai dengan 02 Agustus 2015 dan data sekunder yang didapat dari Kemukiman Tongpeudeng Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan ibu mayoritas berada pada kategori cukup yaitu sebanyak 31 responden (63,3%). Persepsi ibu mayoritas berada pada kategori negatif yaitu sebanyak 31 responden (63,3%). Pendidikan ibu mayoritas berada kategori menengah yaitu sebanyak 26 responden (53,1%). Pengalaman ibu mayoritas berada pada kategori tidak yaitu sebanyak 29 responden (59,2%). Sumber informasi mayoritas berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 29 responden (59,2%). Melihat kenyataan diatas disarankan kepada ibu agar tidak terlalu dini memberikan makanan pada bayi agar terhindar dari obstipasi dan juga dapat mencegah lebih dini obstipasi pada bayi.
  
Daftar Pustaka    :  17 Buku (2005-2012) + 1 Internet
Kata Kunci          :  Pengetahuan, Ibu, Obstipasi Bayi Usia 0-6 Bulan
xii + 39 halaman + 5 tabel + 8 lampiran

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »