PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GERAK LURUS DI SMA NEGERI BANDAR BARU TAHUN PENGAJARAN 2014/2015
1.1 LatarBelakang
Pendidikan merupakan salah satu faktor penunjang yang sangat penting bagi perkembangan peradaban manusia dalam suatu bangsa. Bangsa yang mempunyai peradaban maju adalah bangsa yang mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, agar bangsa Indonesia saat ini memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, tentunya harus dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. Salah satu diantaranya melakukan evaluasi kualitas sistem pendidikan secara menyeluruh.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) |
Perbaikan pendidikan antara lain ditempuh melalui perbaikan model pembelajaran yang digunakan guru. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses belajar mengajar. Kenyataan di lapangan banyak dijumpai gaya mengajar yang kurang bervariasi dan belum memanfaatkan kemampuan secara maksimal. Guru kurang memperhatikan bahwa penggunan metode yang kurang tepat dapat menyebabkan proses belajar mengajar yang dilaksanakan menjadi tidak efektif dan kurang optimal. Banyaknya model yang ada, seorang guru dituntut dapat memilih model yang tepat untuk mengajarkan suatu pokok bahasan tertentu, karena sebenarnya tidak ada model pembelajaran yang paling baik, setiap model memiliki spesifikasi masing-masing. Suatu model pembelajaran tertentu mungkin efektif jika digunakan untuk mengajarkan topik tertentu, bukan berarti model itu efektif juga digunakan untuk menyampaikan topik lain.
Upaya mengatasi permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia diantaranya dengan mengembangkan berbagai macam pendekatan dan metode belajar yang sesuai dengan perkembangan IPTEK. Salah satu metode yang sedang dikembangkan saat ini adalah metode Numbered Heads Together (NHT). Menuru Nurhadi (2004:54) “Metode Numbered Heads Together merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok. Guru hanya berfungsi sebagai motivator dan membimbing siswa mengemukakan ide-ide mereka dalam kelompok – kelompok belajar.”
Pokok bahasan gerak lurus merupakan salah satu meteri fisika yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan siswa. Pada penelitian ini penulis ingin menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan gerak lurus. Melalui metode NHT siswa dapat berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya dalam membahas konsep usaha. Sehingga siswa yang kurang mengerti tentang pelajaran dapat menenyakan pada siswa yang lebih mengerti. Menurut Isjoni (2009:32) “Siswa sebagai individu memiliki kemampuan yang berada sama lain”. Oleh karena itu dalam belajar kelompok dapat menyatukan bebagai perbedaan kemampuan tersebut.
Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 1 Sakti diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa bersifat pasif selama proses belajar mengajar berlangsung. Kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika yang diajarkan relatif kurang, sehingga kurang mampu menggunakan konsep dalam menyelesaikan soal-soal. Hal tersebut di atas antara lain disebabkan karena pola mengajar yang selama ini mereka terima di kelas adalah dengan menempatkan siswa sebagai peserta belajar yang pasif, hanya menerima bahan belajar tanpa melibatkan siswa secara aktif.
Dalam pembelajaran secara individu dapat menimbulkan kebosanan dalam diri siswa karena siswa tidak dapat berdiskusi dengan temannya jika ada masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Kurangnya komunikasi antar sesama siswa menyebabkan timbulnya sifat individualisme dam memetingkan diri sendiri. Dengan menggunakan metode NHT siswa dapat mengembangkan kemampuan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang di berikan guru. Dalam satu kelompok terdapat siswa yang berkemampuan tinggi dan rendah, siswa yang berkemampuan tinggi dapat menjelaskan masalah-masalah yang tidak di mengerti oleh siswa yang berkemampuan rendah. Penjelasan siswa kepada temannya lebih memungkinkan berhasil dibandingkan guru. Siswa melihat masalah dengan cara yang berbeda dibandingkan orang dewasa dan mereka menggunakan bahasa yang lebih akrab.
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas maka penulis ingin melakukan penelitian dengan judul: "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Lurus Di SMP Negeri 1 Sakti".
1.2 RumusanMasalah
Bedasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah yang akan diteliti adalah: “ Apakah penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus di SMA Negeri Bandar Baru.
1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Hads Together (NHT) dan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus.
1.4 Manfaat Penelitian
Ada beberapa manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai berikut:
- Bagi siswa, dengan penerapan metode pembelajaran Numbered Hads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran fisika.
- Bagi guru, menjadi salah satu bahan masukan dalam usaha meningkatkan hasil belajar mengajar fisika yaitu dengan menggunakan metode Numbered Heads Together
- Bagi sekolah, hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan pemikiran pada sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pelajaran disekolah.
- Bagi peneliti, hasil penelitian ini diharapkan menjadi landasan berpijak dalam rangka menindak lanjuti penelitian ini dalam ruang lingkup yang lebih luas lagi.
1.5 Hipotesis
Hipotesis merupakan suatu keterangan sementara dari suatu fakta yang dapat diamati. Dalam penelitian ini yang menjadi hipotesis adalah penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus di SMA Negeri Bandar Baru
1.6 Definisi Operasional
Adapun istilah-istilah yang dapat penulis jelaskan dalam judul penelitian ini adalah:
- Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif siswa di bagi dalam beberapa kelompok belajar, tiap siswa mendapat nomor berbeda dalam kelompoknya.setiap nomor mendapatkan yang berbeda sehingga tidak ada anggota kelompok yang tidak mengeluarkan ide.
- Hasil belajar siswa adalah segala prilaku yang dimiliki seseorang sebagian akibat proses belajar yang telah ditempuhnya. Hasil belajar yang penulis maksud dalam penelitian ini adalah hasil (nilai) siswa setelah mengikuti pelajaran fisika pada materi gerak lurus.
- Konsep gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus.Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat kita bagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:. Gerak lurus beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB).